Posted by: iyok736 | 12 June 2008

Maag Bisa Menyebabkan Kematian!!

Pola hidup tidak sehat merupakan penyebab utama munculnya penyakit maag atau sindrom dispepsia. Dan penyakit maag ini memang lekat dengan profesional di kota-kota besar. Tengok hasil riset Brain&Co yang menyebutkan satu dari dua profesional dikota besar berpotensi terkena penyakit maag.

Penyebabnya antara lain kesibukan kerja yang tiada habisnya serta kemacetan lalu lintas di kota besar, yang sering kali memaksa orang memiliki pola hidup tidak sehat. Sarapan pun seringkali terabaikan. Sebagai pengganjal perut, dipilihlah secangkir kopi hangat.

Melalaikan sarapan merupakan salah satu pemicu sindrom dispepsia. Ketika pagi hari, kebutuhan kalori orang cukup banyak. Bila tidak sempat sarapan, lambung akan memproduksi asam lambung lebih banyak. Drita ini juga seiring dengan stres dan tuntutan kerja. Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon, seperti hormon endorfin, yang merangsang produksi asam lambung. Jadi dapat dikatakan, bahwa stres tidak langsung merangsang asam lambung, tetapi stres memicu hormon-hormon yang merangsang produksi asam lambung.

Konsumsi kopi juga menjadi faktor pencetus sindrom ini karena mangandung kafein, seperti obat batuk dan obat sakit kepala, juga harus dikonsumsi dengan hati-hati oleh para penderita sindrom dispepsia. Begitu juga dengan makanan pemicu asam lambung. Hindari makanan yang pedas dan asam, makanan bersantan, gorengan, minyak, dan cokelat.

Cokelat yang banyak disukai orang pun menjadi pantangan. Bila memiliki derita maag sebaiknya jangan makan cokelat untuk mengganjal perut, karena hal itu hanya akan membuat perut perih. Hat-hati pula pada obat-obatan tertentu, seperti obat antinyeri. Jika ada kandungan asam, jangan dikonsumsi.

Selain gaya hidup, penyakit ini muncul karena infeksi kuman Helicobacter pilory meski prevalensinya tidak besar. Sekitar 90% penyebab maag bukan kuman, sehingga obatnya bukan antibiotik. Kuman ini sangat khusus karena senang hidup di daerah asam, bahkan tumbuh dan berkembang biak. Padahal biasanya kuman tidak kuat dalam kondisi asam. Infeksi kuman ini disebabkan oleh makanan yang kurang bersih.

Akibatnya ketika serangan itu datang, muncul gejala mual, kembung, muntah, rasa penuh pada perut, cepat kenyang, dan sering bersendawa. Bahkan pada beberapa beberapa orang dengan anatomi tubuh tertentu, yaitu ibu hamil dan orang gemuk, serangan maag muncul dalam bentuk nyeri dada. Wanita hamil dan orang gemuk sering terkena maag karena ada tekanan dari bawah ke arah lambung sehingga produksi asam lambung menjadi meningkat. Pada fase menstruasi kerap terjadi peningkatan hormon tertentu yang mendorong kenaikan produksi asam lambung. Akibatnya, pada masa tersebut asam lambung lambung perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan pria.

Hati-hati juga jika derita maag bertahan bertahun-tahun, karena dapat menimbulkan kompilasi. Yang pertama, ia mengakibatkan terjadinya ulkus peptikum (luka di dinding lambung, yang kedalaman dan lebar lukanya tergantung pada seberapa lama ia terkena asam lambung). Bila berlangsung terus menerus, luka ini bisa menimbulkan pendarahan saluran cerna, yang diawali dengan buang air besar berwarna hitam. Kedua penyakit ini prevelansinya cukup tinggi di tanah air tercinta kita, Indonesia.

Yang parah bila pasien muntah darah. Kompilasi yang paling dikhawatirkan adalah kanker lambung. Bila ini sudah terjadi, kanker pasien harus diambil melalui tindakan operasi. Namun biasanya jaringan sehat di sekitar area yang terkena kanker juga diambil karena kita tidak tahu seberapa parah penyakitnya.

Mengusir Maag dengan:

1. Hidup sehat, yaitu dengan makan teratur, menghindari makanan yang memicu asam lambung berlebihan, serta mengelola stres agar hormon yang terbentuk tidak merangsang produksi asam lambung berlebih
2. Menetralisasi asam lambung dengan antasid supaya asam lambung tidak merusak dinding lambung.
3. Mengkonsumsi golongan obat acid blocker atau pengurang asam lambung, bila dua cara di atas tidak mempan. Sifat kerja kedua obat ini berbeda, tapi saling membantu. Inilah pengobatan terakhir untuk memperkuat pertahanan mukosa asam lambung pada pasien penderita maag yang cukup parah.
4. Pemberian enzim pencernaan. Pada orang berusia di atas 40 tahun, pengobatan maag juga dibarengi dengan pemberian enzim pencernaan. Ini karena secara fisiologis penderita akan mengalami hambatan fungsi asam lambung bersamaan denga proses penuaan.

Tips Praktis

1. Sarapan pada pukul 06.30 – 07.00

Penderita maag sebaiknya jangan memilih sarapan yang berat. Cobalah konsumsi havermuth, bubur ayam, roti tawar, serta jus buah yang tidak asam dan susu. Hindari nasi goreng, nasi uduk, dan semua gorengan.

2. Camilan pada pukul 10.00

Minumlah teh hangat atau susu. Makanannya roti, kue, atau buah. Bila mau meminum kopi, sebaiknya ditambah susu. Yang satu ini wajib agar pada pukul 12.00 tidak terlalu lapar.

3. Makan siang pada pukul 12.00-13.00

Meminum kopi diperbolehkan setelah makan siang. Penderita maag tidak disarankan mengkonsumsi makanan berkuah santan.

4. Minum teh sore pada pukul 16.00

Teh bisa dipadukan dengan kue, tapi jangan pilih cokelat.

5. Makan malam pukul 19.00

Lakukan ritual ini begitu tiba di rumah bila Anda bekerja. Jika Anda menderita maag akut, menjelang tidur bisa makan lagi.

Tp tips nya sediri lom bisa dilakukan diri sendiri…hiks….


Responses

  1. dr. Pembimbing Yang terhormat,

    Saya penderita diabetes sudah 10 tahun sebelumnya, saya akhir-akhir ini rajin berolahraga setiap pagi +/- 1/2 jam setiap hari ditambah dengan rileksasi total 1 jam.

    Namun 1 bulan ini saya terkena diare yang hampir setiap hari saya harus kebelakang sampai 5 – 7 kali. Ini sangat menggagu, kadang-kadang kalau malam juga, sehingga mengganggu tidur saya.

    Namun saya disarankan minum ENZYMPLEX dan ada perubahan tidak terlalu sering diare.

    Saya setiap hari minum obat diabetes AMARIL dan GLUCOPAK.

    Mohon bimbingan bagaimana menghilangkan diare dan apakah obat gula saya tetap diminum.

    Terima kasih atas perhatiannya.

    Jakarta, 22 Nopember 2009

    Salam hormat
    Fahmi

    • Sdr. Fahmi yang terhormat,
      Sebelumnya saya minta maaf, saya akan menjawab sesuai keterbatasan ilmu saya karena memang kesehatan bukanlah bidang saya (yang notabene anak akuntansi, ^^)
      Semoga jawaban saya sedikit memberikan pencerahan.
      Sebelumnya saya jelaskan dahulu tentang obat yang Anda sebutkan.
      Enzyplex
      (Mungkin yang Anda maksud adalah Enzyplex)
      Indikasi:
      Suatu terapi pengganti yang menjamin tersedianya nutrisi yang diperlukan melalui pencernan dan metablisma yang efisien dan baik, juga bermanfaat pada gangguan pencernaan dengan menifestsi, rasa sebab , kembung, terbentuknya gas, rasa tidak enak atau rasa penuh pada lambung, dan pada keadaan-keadaan dimana dibutuhkan peningkatan enzim pencernaan akibat makan terlalu banyak, intoleransi terhadap makan, salah cerna dan lain-lain gangguan pencernaan fungsional.
      Kontra Indikasi:
      N/A
      Deskripsi:
      N/A
      Jenis: Tablet
      Produsen: PT Medifarma lab

      Artikel Penjelasan tentang Enzym yang Dibutuhkan Lambung dalam Mencerna Makanan

      Pasien kerap mengartikan gangguan pencernaan sebagai ‘gejala maag’. Padahal, itu bisa disebabkan oleh kekurangan enzim pencernaan.
      Gangguan pencernaan kerap dirasakan oleh banyak orang. Perasaan mual, sebah, kembung berlebihan, ‘penuh’ dalam perut setelah makan, gas yang berlebihan, merupakan beberapa contoh. Umumnya, pasien yang mengalami gejala-gejala tersebut mengatakan bahwa mereka menderita ‘sakit maag’, lalu justru mengonsumsi obat maag. Padahal, hal itu bisa jadi disebabkan oleh kekurangan enzim pencernaan yang seharusnya diberikan terapi dengan suplemen enzim pencernaan. Pengobatan dengan obat maag pun menjadi kurang tepat.
      Saat makan, tubuh harus memecah makanan menjadi senyawa yang lebih kecil sehingga bisa diserap dan diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh untuk menjadi nutrisi yang bermanfaat. Namun dalam proses ini, diperlukan zat yang berperan penting, yaitu enzim, untuk membantu kelangsungan reaksi kimia dalam tubuh. Tanpa enzim, vitamin, mineral, maupun hormon tidak dapat berfungsi dan proses penyerapan nutrisi tidak dapat terjadi.
      Sayangnya, ada banyak kondisi dimana jumlah enzim pencernaan dapat menurun. Kondisi tersebut adalah makan dalam jumlah banyak dalam waktu yang relatif singkat, terlalu banyak makan makanan yang mengandung lemak, mengunyah makanan yang terlalu cepat atau terlalu singkat sebelum menelannya, pasien memiliki kondisi penyakit tertentu seperti pankreatitis, atau usia pasien yang tua, yang menyebabkan penurunan jumlah enzim pencernaan. Ketika berada dalam keadaan ini, suplementasi enzim pencernaan menjadi hal yang tidak bisa diabaikan.
      Salah satu kondisi yang sangat memungkinkan untuk terjadinya penurunan enzim pencernaan adalah saat puasa. Ketika berpuasa, orang memiliki kecenderungan untuk makan secara berlebihan (overeating) serta makan terburu-buru saat berbuka puasa yang pada akhirnya mengakibatkan gangguan pencernaan (indigestion). Saat sahur dan berbuka puasa adalah saat tepat untuk pemberian suplemen enzim untuk membantu pasien menjalani puasa tanpa gangguan pencernaan.
      Enzyplex yang merupakan suplemen enzim pencernaan akan melegakan gangguan pencernaan berupa rasa kembung, jumlah gas berlebihan dalam perut, bloating, buang gas, rasa penuh dalam perut karena makan berlebihan, sendawa karena gangguan pencernaan atau cara makan yang salah, dan gejala gangguan pencernaan yang lain akibat makan dan minum berlebihan. Dengan Enzyplex, pencernaan akan berlangsung lebih efisien dan terjadi perbaikan metabolisme dalam tubuh.
      Zat-zat yang terkandung dalam Enzyplex di antaranya terdiri dari amilase yang akan mengubah karbohidrat menjadi glukosa atau maltosa, protease yang mengubah protein menjadi asam amino, lipase yang mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol, desoxycholic acid yang mengubah lemak menjadi senyawa yang dapat dipecah lebih lanjut oleh lipase, vitamin B kompleks yang membantu meningkatkan proses pencernaan dan metabolisme, dan dimethylpolisiloksan yang mengurangi jumlah gas dalam lambung dan menghilangkan kembung akibat gas yang berlebih dalam saluran pencernaan.
      Untuk daerah Asia, yang memiliki susunan makanan dengan karbohidrat menduduki porsi terbanyak dibanding protein dan lemak, Enzyplex merupakan suplementasi enzim yang paling tepat karena mengandung komposisi enzim amilase dengan jumlah paling besar, lalu kemudian disusul dengan protease dan lipase.
      Enzyplex, yang dikonsumsi 1-2 kapsul, 3 kali sehari di tengah saat makan atau langsung sesudah makan, juga berbeda dengan suplemen enzim dari negara barat. Suplemen dari manca negara yang biasanya diimpor tersebut, memiliki komposisi protease dan lipase lebih banyak dibandingkan dengan amilase, karena menyesuaikan dengan susunan makanan barat yang didominasi oleh protein-lemak (daging) dibandingkan dengan karbohidrat.
      = = = = = = = =
      Amaril dan Glukopak merupakan dua jenis obat untuk menjaga kestabilan gula dalam darah. Obat tersebut harus diminum tiap hari, bila terlambat maka otomatis gula darah akan naik, dengan keluhan badan terasa berat, ngantukan, kulit pucat, tidak bergairah, kepala pusing, dengkul dan betis terasa ngilu.
      Bila pola makan obat tersebut sudah rutin harian layaknya nasi, keterlambatan akan menimbulkan kekurangan gula darah atau disebut hipoglomia. Sebab obat tersebut akan memakan stok gula darah yang ada di tubuh, sehingga kekurangan gula darah. Akibatnya badan jadi letih, tidak bertenaga, susah jalan, lemas, pusing, rahang kaku, susah bicara, pucat, dan tidak dapat berpikir.
      Oleh sebab itu penderita diabetes bila bepergian dianjurkan untuk membawa air manis, permen, atau kacang-kacangan. Sebab sebelum tanda-tanda kekurangan gula darah meluas, harus segera mengkonsumsinya untuk menaikkan kadar gula. Namun bila terlambat harus dirawat di rumah sakit untuk menaikkan kadar gula dengan cara minum air gula dan diinfus gula agar kembali stabil.
      Sebagai akibat setiap hari makan obat kimia ada kemungkinan bisa terjadi komplikasi. Sebab yang namanya bahan kimia merupakan benda asing pada organ dalam manusia, walaupun setiap tahun efek negatif bahan kimia sudah dicoba untuk dinetralisir, namun kemungkinan terburuk akan tetap bisa terjadi.
      Bila perut sudah sering kembung, gampang masuk angin, dada sesak. Nyeri seperti tertindih batu, lengan dan bahu juga nyeri kaku, kepala pusing, tertanda jantung juga sudah terkena dampak obat kimia. Bila semua sudah lengkap terkomplikasi tubuh sudah tidak dapat digerakan, yang dapat dilakukan merawat dengan baik penuh kasih sayang, jangan sampai membuat stress, karena stress dapat memicu asam lambung naik yang mengakibatkan gula darah akan naik tidak terkontrol.
      Jadi menurut saya, ketidak seimbangan Anda dalam mengkonsumsi obat tersebut tanpa diimbangi nutrisi yang tepat merupakan salah satu pemicu gejala yang Anda rasakan tersebut. Karena obat yang Anda konsumsi merupakan obat-obatan oral yang proses metabolismenya tentunya melalui sistem pencernaan. Ketika lambung tidak mampu menetralisir semua obat yang Anda telan, maka yang terjadi adalah lambung akan berusaha mengeluarkan benda asing tersebut karena dideteksi sebagai racun. Mungkin Anda pernah membaca artikel bahwa sebenarnya diare salah satunya merupakan tindakan yang dilakukan oleh sistem metabolisme tubuh untuk segera mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
      Saran saya, jika Anda memiliki gejala penyakit lambung, untuk mengetahuinya sebaiknya menghubungi/konsultasi dengan dokter ahli atau melakukan endoskopi untuk mengetahui lambung dan usus Anda. Jika benar penyakit lambung ternyata ada, maka sebaiknya minimal 15 menit sebelum makan Anda sebaiknya meminum cairan pelapis lambung untuk menetralisir asam lambung yang sifatnya sangat keras (bahkan sanggup menghancurkan tulang/biji buah yang tertelan). Setelah makan…baru deh obat-obat tersebut dimakan/dikonsumsi.
      Semoga jawaban saya dapat membantu Anda. Terima kasih…
      Regards,
      Iyok

      sumber:
      Di sini
      di sini juga

  2. saya mau tanya kenapa setiap saya makan roti pasti menyebabkan asam lambung saya naik, terutama apabila saya mkn rotinya di pagi hari, mohon penjelasannya.

    • Sdr. Rahmat yang terhormat,

      Sebelumnya saya minta maaf, saya akan menjawab sesuai keterbatasan ilmu saya. Semoga jawaban saya sedikit memberikan pencerahan.
      Informasi yang saya peroleh dari dokter saya dahulu adalah, bahwa penderita maag dan radang lambung memiliki beberapa pantangan yang salah satunya adalah tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung zat pengembang.
      Dal hal ini bisa saya katakan bahwa Anda melanggar larangan tersebut, karena roti tentu saja menggunakan zat pengembang dalam proses pembuatannya.
      Saran saya adalah, sebaiknya Anda tinggalkan kebiasaan mengkonsumsi roti dan kopi. Terutama pada waktu sebelum perut Anda terisi dengan makanan yang tidak dilarang. Dan usahakan ketika Anda mengkonsumsi makanan, usahakan untuk tidak terburu-buru untuk menelan. Kunyah sampai lembut sehingga lambung tidak perlu bekerja keras untuk memproses. Karena ketika lambung dituntut untuk bekerja keras, ia secara otomatis akan mensekresi asam lambung lebih banyak. Hal ini tentu akan menyebabkan perut Anda seperti dipilin-pilin, hehehehe. Rasanya mak nyuoooss….!!
      Kemudian biasakan untuk tidak segera meminum air setelah atau ketika Anda makan. Kesulitan untuk menelan makanan sebenarnya terjadi karena kita kurang sabar ketika mengunyah makanan, bukan karena kurang air (sebagai pelancar menelan). Jika kita makan, lalu langsung minum, yang terjadi adalah makanan akan melewatkan proses peristaltik di kerongkongan, sehingga pekerjaan lambung akan semakin lebih berat untuk memproses makanan tersebut.
      Untuk kopi, sudah saya jelaskan dalam tulisan di atas.

      Semoga jawaban saya dapat membantu Anda. Terima kasih…

      Regards,
      Iyok

  3. saya mo tanya, knp ketika asam lambung saya naik badan langsung lemas, nafas sesak, perut pst kembung, seperti melayang2 jg mgkn hampir pinsan & timbul rasa takut yg berlebihan yg membuat hilang semangat untuk melakukan aktifitas apapun, apakah memang semua itu dr asam lambung yg berlebih?

  4. Sdr. Hendro (jiah…tulisan gue jadi resmi gini)

    Mungkin saya bisa menjawab sedikit permasalahan Anda. Saya teringat sebuah hadits, redaksinya klo tidak salah seperti ini,
    “Perumpamaan kaum mukmin dalam kasih sayang dan belas kasih serta cinta adalah seperti satu tubuh. Jika satu bagian anggota tubuh sakit maka akan merasa sakit seluruh tubuh dengan tidak bisa tidur dan merasa demam.” (HR. Bukhari dan Muslim)

    Dari hadits di atas bisa Anda lihat, bahwa ada permisalan yang nyata di sini. Anggota badan kita, baik luar dan dalam ternyata memang terkait antara satu dan yang lain. Salah satu yang menghubungkannya adalah syaraf.
    Syaraf akan memberikan respon sesuai dengan yang diterima dari sumber. Jadi jika salah satu bagian tubuh Anda merasakan sakit, bisa kemudian bagian tubuh yang lain akan memberikan respon yang beragam. Contoh kecil adalah jika Anda sedang menderita radang tenggorokan (awal dari batuk), maka tubuh akan merespon dengan terasa demam, suhu tubuh meningkat, badan terasa lemas, dan yang pasti emosi juga akan dipengaruhi. Kondisi seperti itu akan memnyebabkan nafsu makan Anda sangat berkurang. Tentu ini akan berdampak ke yang lain, seperti kepala terasa berat, mungkin sampai pusing dan berkunang-kunang.

    Itulah mengapa ketika kita merasakan gejala sakit, maka untuk mengcounter dan memback up daya tahan tubuh kita yang sedang menurun adalah dengan mensuplai makanan yang cukup, bergizi, dan vitamin yang sesuai. Jadi….jangan sepelekan saran orang-orang sekitar Anda untuk sekedar makan…

    Sekarang kembali ke permasalahan Anda. Awal dari masalah Anda adalah asam lambung naik.
    Saya pernah dan sering merasakan hal yang serupa. Kondisi ini menurut kesimpulan saya sendiri sebagai korban adalah karena lambung saya mensekresi asam lambung secara berlebih. Mengapa? Bisa jadi karena stress. Namun jika bukan karena stress, ada baiknya berkonsultasi ke dokter yang lebih kompeten, karena saya sebenarnya bukan dokter…hanya lulusan FE kok, hehehe.

    Ketika asam lambung Anda meningkat, ada dua cara (menurut saya) untuk mengatasinya sampai sekresi normal kembali.
    1. Dengan mensuplai makanan secara teratur dan periodik.
    Dalam pelajaran biologi, kita pernah diberi tahu bahwa lambung akan berada dalam kondisi kosong setelah 5 jam. Jadi setelah 5 jam, asam lambung yang terus menerus disekresi akan membuat lambung Anda luka. Jika ini terjadi, dampaknya adalah hampir semua bagian tubuh Anda akan terasa tidak enak. Demam, suhu badan meningkat, perut mual dan begah, diare berkepanjangan, kepala pusing, dan terasa hendak pingsan karena badan sangat lemas. Dampak lanjutan adalah terserang tipes. Dampak parahnya adalah Anda akan menderita radang lambung. Wah…kalau sudah sampai ke tahap radang lambung seperti saya dulu, akan sangat lama pengobatannya.
    Jadi untuk mencegah asam lambung melukai lambung dan sekitarnya, maka sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan secara periodik. Usahakan setiap maksimal 3 jam sekali untuk mengisi perut Anda dengan makanan. Namun usahakan makanan tersebut dikunyah lebih halus dan setelah menelan, jangan langsung diikuti dengan minum. Setelah makan, minumlah secukupnya supaya makanan tercerna dengan baik di kerongkongan Anda. Sehingga makanan yang sampai di lambung sudah tercerna di kerongkongan.

    2. Lapisi lambung Anda dengan cairan pelapis lambung sesuai anjuran dokter ketika lambung terasa sakit karena asam lambung berlebih.
    Cairan pelapis lambung semacam Propepsa Sucralfate (berwarna pink, berasa strowberry aneh) akan sedikit menolong lambung untuk mencerna makanan. Logika, ketika tangan Anda luka terbuka, tentu tidak akan bisa memegang benda dengan semestinya bukan? Begitu juga dengan lambung. Jika lambung Anda sudah dilukai oleh asam lambung yang bahkan bisa menghancurkan tulang, maka lambung Anda jika digunakan untuk mencerna makanan yang kasar akan semkin membesar lukanya. Oleh karena itu, jika hal ini terjadi, usahakan 15 menit sebelum makan, tenggak cairan pelapis lambung secukupnya. Kemudian makan dengan mengunyah secara lembut atau makanlah makanan yang lembut untuk memperbaiki kondisi lambung Anda. Jangan dipaksakan makan makanan yang kasar dan susah dicerna.

    DAN YANG PALING UTAMA, HINDARI SOFT DRINK APAPUN!!! APALAGI MINUMAN KERAS!!!

    KOPI HITAM JUGA MASUK KAREGORI INI, HINDARI!!

    Jadi, Hendro, hanya itu yang bisa saya sampaikan. Jika kurang pusa, bisa langsung berkonsultasi ke dokter.

    Untuk rasa takut yang berlebihan yang muncul, saya tidak mendapatkan korelasinya. Mungkin itu semacam shock karena tubuh tidak sesuai yang kita inginkan.
    Hilang semangat adalah dampak akhir dari keseluruhannya, tentu jika Anda tidak menjaga sedikit saja api optimisme dalam diri Anda untuk sembuh dan beraktivitas sesuai keinginan.

    Terkadang Tuhan memberikan sakit untuk menunjukkan rasa saya Dia. Tapi apakah jika kita sayang terhadap seseorang, maka kita akan menyakitinya?? Jadi…mari kita terus bersyukur atas nikmat sehat yang kita terima, mari kita terus menebalkan keimanan dan ketaqwaan kita…

    Supaya Tuhan benar-benar menunjukkan rasa sayang Dia kepada kita…

    regards,

    Iyok

  5. Smua pnjelasan d ats itu trll berlebihan a.k.a lebay

    • #hanya sekedar pencegahan bu…

      dan gaya tulisan menyesuaikan dengan culture di Indonesia….hihihihi

  6. Masa sih segitunya sakit maag bisa menyebabkan kematian?

    g masuk akal kyknya. . .

    • #memang tidak masuk akal, tapi kemungkinan itu ada jika sudah akut

  7. Met pgi saya bingung sendiri merasakan penyakit yg saya rasakan saat ini di bagian ulu hati terasa sesak dan sakit untuk bernapas sdh sya lakukan berobat ke dokter dan sakit ya di katakan dakter ganguan pencer naan klo seperti yg saya rasakan seperti ya sakit saya seperti sakit asam lambung/ maag jdi saya mau mintya solusi ke teman 2 ada tau ya untk obat asam lambung yg bags ya pakai apa mhn dong obnt ya ya tq

    • #Dulu dokter saya menganjurkan untuk minum Propepsa Sucralfate minimal 15 menit sebelum makan besar. Dan mengkonsumsi makanan lembut dan berserat minim. Juga mengatur jam makan, minimal 2 jam sekali ada makanan yang dicerna lambung. TUjuannya untuk menyembuhkan luka di lambung terlebih dahulu. Selanjutnya jika sudah sembuh, tinggal kita mengatur pola makan saja supaya tidak kambuh lagi. ALhamdulillah sudah terbukti pada saya.

  8. Ini sangat bagus !!! (Y) (y)

  9. iya mas iyok sama saya juga mengalami rasa yg spt itu apakah maag yg saya derita akut ya? saya sampai stressssss banget!
    tp semoga aja tidah ber akibat fatal jgn mengecilkan hati penderita maag deh?????

    • #tujuan saya menyampaikan info ini hanya sebagai “warning” supaya rekan-rekan yang memiliki maag bisa semangat menyembuhkan atau meminimalkan dampaknya. Caranya?? Bisa dengan mengatur jam makan dan jenis makanannya. Juga menjauhi pantangannya. Begitu to. Jadi…semangat kawan!!!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: