Posted by: iyok736 | 15 July 2008

Bahaya Teh Hijau untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Minum teh atau teh hijau memang bermanfaat untuk tubuh, namun ada masa dimana minum teh perlu dikurangi. Mirip dengan anjuran orang-orang tua untuk mengurangi atau meniadakan minum kopi, Ibu-ibu yang sedang hamil harus berhati-hati dalam mengkonsumsi teh hijau karena kandungan kafeinnya sangat besar. Sementara ibu-ibu yang sedang menyusui, juga disarankan agar tidak mengkonsumsi kopi dan teh hijau karena dapat menimbulkan restlessness (sukar diam), sukar tidur, anemia dan effect negatif lainnya pada anak-anak yang sedang disusuinya.

Banyak juga ibu yang sesudah melahirkan menempuh jalan instan untuk kembali langsing seperti minum pil pelangsing atau slimming tea (teh hijau) yang mengandung bahan laxative (obat pencahar), namun ingatlah, bahwa apapun yang kita makan atau minum, akan mempengaruhi air susu ibu yang diminum bayi. Barangkali kita harus mulai meyakini diri sendiri bahwa tidak ada yang instan dalam penurunan badan, tetap harus disertai oleh gerak badan atau olahraga dan makan makanan yang sehat.

Dengan melakukan olah raga ringan tetapi rutin berkelanjutan setiap hari selama paling sedikit 15 sampai 20 menit seperti berjalan kaki, bahkan melaksanakan rutinitas pekerjaan rumah seperti berkebun dan menggosok lantai selama 30 menit sehari dapat membantu menurunkan berat badan, bisa juga dengan berenang nonstop selama seperempat jam.

Kurangi sedikit asupan karbohidrat seperti nasi, roti, kentang dan mie setidaknya sepertiga atau seperempat dari biasanya. Tentu saja diet ini harus diimbangi dengan sayur-sayuran, buah-buahan, dan protein yang rendah kolesterol seperti ayam. Jangan lupa mengurangi asupan gula dan snack. Semua ini lebih mujarab daripada minum slimming tea, green tea extract, ataupun pil pelangsing. Sayur-sayuran hijau dan kacang-kacangan malah lebih baik untuk meningkatkan kualitas ASI.

Sumber:

Dari sini, juga sini, dan sini, serta sini

About these ads

Responses

  1. tapi jika mengkonsumsi kopi satu minggu hanya 2 X bagi ibu menyusui pa boleh?????

    ##
    Konsumsi kopi bagi ibu hamil dan menyusui jika tidak berlebihan (wajar) tidak menimbulkan efek berbahaya.
    Yang menimbulkan efek sebenarnya kandungan kafein dalam kopi/teh/soda yang dikonsumsi.
    Jika kandungan kafein dalam tubuh ibu menyusui berlebihan, tentu akan berdampak ke ASI. Tidak baik buat bayi yang sensitif terhadap kafein. Butuh waktu beberapa hari bahkan sampai seminggu untuk menghilangkan kandungan kafein dalam tubuh ibu.

    Jika mbak Indah suka mengkonsumsi kopi, yah boleh-boleh sadja menurut saia, tapi jangan lebih dari 500mg/hari kadar kafein yang dikonsumi.

    Sumber bisa diliat di sini, atau di sini, juga di sini, serta di sini

    Kalau saia boleh mengutip ucapan seseorang dalam hidup saia, “Saya akan memberikan yang terbaik untuk anak-anak saya.” (anonim, hehehe)

  2. Bagaimana dengan konsumsi kopi instan yg dikombinasi dengan creamer semacam coffeemix,nescafe dll(bukan kopimurni) apakah sama saja bahayanya bagi ibu hamil atau lebih ringan resikonya?

    • Sdr. Yuli yang terhormat,

      Hal yang pasti mengapa sebaiknya anda menghindari minuman yang mengandung kafein ini selama kehamilan anda, karena:
      • Kafein akan meningkatkan detak jantung dan metabolisme anda,
      • Menyebabkan sulit tidur,
      • Perasaan cemas,
      • Sakit kepala.
      • Merangsang cairan dalam lambung yang menimbulkan rasa panas atau perih (heartburn), Kafein bersifat diuretic sehingga anda akan lebih sering buang air kecil.
      • Kafein menyebabkan anda kehilangan kalsium.
      • Dan satu hal terpenting mengapa anda sebaiknya menghindari atau mengurangi teh/ kopi anda, karena kafein mereka mengandung phenol yang menyebabkan tubuh sulit untuk menyerap zat besi. Padahal kita tahu zat besi dibutuhkan tubuh anda apalagi selama kehamilan ini.

      Kafein terdapat di kopi, teh, cola, coklat, minuman soft drink, juga terdapat pada beberapa obat-obatan untuk sakit kepala, flu, alergi.
      Tentu saja jumlah kandugan kafein dalam kopi dan teh bervariasi luas, tergantung dari apakah bentuk instant, seduh, keras atau lemah kandugannya.
      Setelah kita mempelajari bahwa tidak ada nilai nutrisi yang diberikan makanan atau minuman yang mengandung kafein ini yang terbaik adalah anda menganti semua keinginan untuk minum kopi atau teh anda ke makanan dan minuman lain yang memang mempunyai nilai nutrisi buat anda dan bayi anda. Seperti merubah kebiasaan anda ke minuman yang bernutrisi seperti jus buah, air putih dan susu.

      Beberapa sumber lain mengatakan bahwa mengkonsumsi kopi (kafein) dalam kadar rendah diperbolehkan karena hanya berpengaruh sedikit terhadap janin dan bayi. Seperti yang dijelaskan oleh Nur Cahyo

      Tapi kembali lagi kepada Anda…dapatkah Anda menahan nafsu Anda demi janin tercinta??

      Salam saya,

      Iyok

  3. apa saja dampak yang ditimbulkan pada bayi yang ibunya gemar mengkonsumsi teh?

    • mbak Aning,

      Saya menjawab dari apa yang saya tahu. Jadi kita sharing saja ya. Karena saya tidak memiliki pendidikan kesehatan.

      Secara logika saya, tubuh orang dewasa memiliki daya tahan lebih terhadap makanan-minuman yang dikonsumsi. Tubuh manusia akan semakin meningkat kekebalannya dan semakin beradaptasi dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Sehingga, dalam taraf yang wajar dan normal, makanan yang dikonsumsi tidak memiliki dampak berbahaya bagi tubuh. Yang berlebihan lah yang berbahaya.

      Jadi sepanjang konsumsi teh mbak Aning tidak berlebihan atau hanya demi melepaskan dahaga akan teh, insya Allah tidak masalah.

      Yang jadi masalah adalah jika teh dan kopi dikonsumsi terlalu dini, yaitu oleh bayi atau balita, atau anak-anak.

      Mbak bisa mendapatkan penjelasan lengkap di sini atau di sini

      Sedangkan bagi ibu hamil?? Saya sih menyarankan yang sama….jangan berlebihan….

      Happy surfing yah…

  4. Bagaimana kalau terlanjur mengkonsumsi slimming tea dari minggu 1 kehaliman? Apakah berpengaruh terhadap janin?
    Karena baru tahu kalau hamil setelah minggu ke 4. Terima kasih

    • #dikurangi atau ganti yang lain saja :)

  5. makanan apa saja yg berbhaya d konsumsi ibu menyusui? trims

    • Wah…pertanyaan ini sangat menarik karena jawabannya akan sangat beragam. Hindari saja makanan yang dilarang.
      Dan juga hindari obat-obatan terlarang/dilarang. Karena apa yang Anda makan, juga dikonsumsi anak dalam kandungan.
      Usahakan mengkonsumsi makanan yang bebas pengawet

  6. Sy lg hamil 2buln, tiap pagi sy past minum teh, tp teh hitam ekstrak Peach ato kadang jg teh peppermint… Minum rutin tiap pagi n malam… Pa pengruh x buat janin sy ya? Krn minum teh bs mmbuat mual sy brkurang… Tlog dijawab ya mbak? mksih…

  7. apakah minum teh 2x sehari,bisa dikatakan berlebihan

    • #menurut saya tidak, karena saya sendiri memiliki maag dan pecinta kopi. Sudah jarang minum kopi, tapi sehari bisa habis 4 cangkir teh. Cangkir kecil tentunya, dan setelah makan pastinya. Sepanjang perut sudah terisi makanan dan minum tehnya 2x sehari tidak masalah, asal sekali minumnya bukan pake gelas bir yang gedhe itu. hehe

  8. Minum teh pelangsing saat hamil apakah berbahaya?

    • #dianjurkan untuk tidak dikonsumsi sementara. Masa iya hamil kok pengin langsing. Kan calon baby butuh asuman gizi yang cukup. Klo berat badan bertambah, menurut saya itu bonus aja. Nanti klo sudah menyusui, bisalah balik lagi ke langsing. Apa yang Anda konsumsi, nantinya juga akan tersalurkan ke baby Anda.

  9. Klw MinumNya Sehari Sx AJa…Ng’Terlalu Berdampak Buat KehaMilan KAn?? soalNya SeMAsa HAMil INi Saya DoyaN BAnget Sama Teh Botol SosRo YAng Dingin….Jdi HAmPir Tiap HAri Mengkonsumsi Teh Botol….

  10. saya sedang menyusui tapi saya mengkonsumsi teh hijau,bukan untuk pelangsing tetapi melihat manfaat teh hijau yang dapat mengurangi radikal bebas dan sbg kekebalan tubuh, lantas saya mengkonsumsinya.saya konsumsi sehari hanya 1 cangkir.apakah berbahaya?

  11. menurut buku yang saya baca tentang “teh” meminum teh hijau atau teh jenis apa saja baik untuk tubuh. dan bagi pecinta teh kita bisa menghilangkan kadar kafein yang ada pada teh saat rendaman pertama dilakukan.atau dengan membuang rendaman pertama kemudian meminum rendaman selanjutnya. karena rendaman selanjutnya kadar kafein yang terkandung dalam teh akan sama dengan nol. :)

  12. apakah minum green tea 2x sehari itu ga brbahaya,padahal dalam keadaan menyusui?

  13. mbak saya mw brtnya .
    sya sdg mnyusui ,saat ini sya mnum slimming tea ,sya ingn lgsing sprti dlu ,apa brbhya bwt ank saya ?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: