Posted by: iyok736 | 13 January 2010

Makanan yang Tidak Dilarang bagi Penderita Maag

Maag

Sakit Maag

Maag biasanya menyerang di saat-saat ketika stress meningkat, konsumsi makanan yang tidak teratur, dan mengkonsumsi makanan yang merupakan pantangan bagi penderita maag. Jika Anda dinyatakan positif menderita sakit maag, sebaiknya kenali jenis-jenis makanan yang tidak mengganggu maag Anda. Salah satu cara untuk mengurangi maag kambuh lagi, maka makanlah dalam porsi kecil dengan frekuensi yang sering. Menurut saran dokter yang pernah menangani saya, dianjurkan untuk sarapan pagi sekitar jam 7.00, kemudian mengkonsumsi makanan ringan pada pukul 9.00/10.00 WIB. Selanjutnya makan siang pada pukul 12.00 WIB dan disambung dengan makanan ringan pada pukul 15.00 WIB. Makan malam dianjurkan untuk tidak lebih dari jam 19.00 WIB. Para penderita maag disarankan untuk mempertimbangkan makanan yang dapat mengurangi serangan nyeri lambung, seperti kentang, pisang, brokoli, kol, dan bubur. Selain dapat menetralisir asam lambung, makanan tersebut juga dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Kentang

Sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat basa di pagi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain.

Pisang Masak

Mengandung kalium, selain melon, pepaya dan tomat. Kalium yang dikandung dalam buah-buahan tersebut bermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.

Brokoli

Merupakan sumber kalium dan sulfur yang baik. Sulfur mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. Brokoli juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh. Makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih.

Bubur Ayam

Bagi penderita sakit maag akut sangat berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna, namun sebagai penambah rasa boleh ditambahkan telur rebus, kecap dan sedikit kerupuk.

Lidah Buaya

Bermanfaat meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan saponinnya mempunyai kemampuan antiseptik, sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Selain itu, kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.

Kol

Meski banyak dijauhi karena mengandung gas, banyak ahli kesehatan yang justru memanfaatkan kol untuk mengatasi penyakit maag. Menurut Dr. Michael T. Murray, ahli naturopati dari Bellevue Washington, kol mengandung asam amino glutamin yang dapat meningkatkan aliran darah ke perut, memberikan nutrisi bagi sel dalam lambung, membantu melindungi lapisan perut, dan mengobati luka pada saluran pencernaan. Mengenai konsumsi kol ini, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda.

Permen Karet (bukan utk dimakan),

Aktivitas mengunyah bisa merangsang produksi air liur yang bersifat basa sehingga mampu menetralisir asam lambung. Selain itu, bertambahnya produksi air liur juga dapat meningkatkan upaya pembersihan lambung.

Sumber: Kaskus.us

About these ads

Responses

  1. blogwalking…..Met kenal ya!
    Thanks udah di sharing yaa ;)

    • met kenal juga…kunjung balik nih… :)

  2. lamz knal yah..

  3. Thks untk infonya.

  4. klo dah kronis alias skitnya trus2an gmn..dah mnm smua obat maag mpe 3x ke dkter tp ga bae2 tu..sktnya mpe ke pinggang malah.gmn donk..

    • hmm…saran saja. Makan makanan yang lembut dan tidak pedas atau masam.
      Sebelumnya, minimal 15 menit sebelum makan, minum cairan pelapis lambung (ada di apotek, tp atas resep dokter). ketika makan, jangan buru2 ditelan. Kunyah baik-baik
      Dan ketika makan pun jangan terburu-buru minum air. Minum air sebaiknya beberapa menit setelah makan. Biarkan makanan tercerna dengan baik sesuai prosedurnya…
      Diet dululah ya…

      setelah sembuh kan bisa makan apapun tu…

  5. thanks atas infonya.. karena ini sangat bermanfaat sekali..

  6. artikelnya bagus. makan bubur atau buah yg di blender mungkin agak lunak

    • betul masbro, jika lambung masih bermasalah, jangan dipaksakan makanan keras

  7. Mas,ktnya dokterku utk penderita maag g blh mkn sayur or buah dulu,,q cm mkn bubur ªjª,mohon sarannya donk mas,,mkasih ya

    • Setau saya boleh, karena pada dasarnya buah-buahan dan sayuran bersifat basa kecuali semangka, durian. Logikanya, asam lambung pasti bersifat asam (iyalah, namanya juga “asam lambung”). Dan untuk menetralisir, lambung membutuhkan makanan bersifat basa agar seimbang. Terlalu asam, bisa maag bahkan radang lambung. Makanan yang mengandung basa biasanya buah-buahan dan sayuran. So…? Sebaiknya diperbanyak mengkonsumsinya dengan catatan, kunyah dengan lembut dan biasakan alat pencernaan Anda bekerja dengan baik. Jangan terlalu sering menyela makan dengan minum. Makan pelan-pelan saja biar tidak tersedak atau “kesereten“. Jadi bisa meminimalkan minum ketika makan. Usahakan minum setelah makan selesai beberapa saat.
      Mungkin dokter Anda menyarankan demikian karena beberapa serat sayuran dan buah ada yang kasar. CMIIW

      Sumber di sini dan di sana, thanx to the source

  8. klu maag boleh g minum susu,

    • boleh saja, namun perlu diperhatikan untuk tidak sering mengkonsumsi yogurt. Pengalaman pribadi, habis makan yogurt lambung jadi sakit

  9. makasi buat informasinya

  10. mau tanya….maag saya kadang2 kambuh kalu telat makan dan makn yang pedas2….dan sakit saya ini sudah lama,,,perut saya juga selalu bergetar….dan kalo mau buang air besar..kotorannya keras dan berlendir…dan perut saya di bagian usus itu sakit sekalii…kenapa yaaaa….

    • # sebaiknya segera konsul ke dokter, lakuin tes endoskopi biar tau kondisi lambung dan usus. Apakah luka, atau tidak.
      yang jelas, jika telat makan, makan yang pedas/terlalu asam, sangat berpengaruh terhadap kambuhnya maag.
      Klo kotoran keras dan berlendir kok jadi mirip sembelit ya, atau ambien. Untuk lebih jelasnya bisa konsul ke dokter spesialis deh. Semoga membantu

  11. makasih atas infonya ya……….

    • # sama-sama, semoga bermanfaat

  12. Kalau minum madu boleh ga pas lagi sakit maag?

    • # boleh, karena madu itu sebenarnya obat

      • mas saya mau tanya apa kalo mengkonsumsi bahan yg mengandung vit C itu boleh ga saat terjadi penyakit maag ???
        Cz maag kan ga boleh kecut ?

        Trus kenapa ya maag saya sering kambuh ,, kemarin bab udaa lancar trus beberapa sekitar semingguan saya minum kopi,gorengan2 ikan kayak ayam dst ,, langsung kambuh lg n bab susah lg ,, mohon solusinya ,,,

        Trus boleh juga ga minum milkuma ??………

      • #untuk mengkonsumsi vitamin, setau saya tidak masalah karena bermanfaat untuk tubuh. Yang jadi masalah adalah jika asumsi mengkonsumsi vitamin diambil dari makanan yang sebaiknya tidak/dikurangi untuk dikonsumsi sewaktu lambung sakit. Sumber2 vitamin C bisa guntur cari via google atau semacamnya. dan tidak semua vitamin c berasa kecut (mungkin stigma buah berasa kecut, padahal buah bersifat basa, bukan asam).
        Kopi, gorengan, sambel, cuka, dilarang!! itu pesan dokter saya. Semoga membantu…

  13. ya alloh berikan kesembuhan pada asam lambung aku………….amin

  14. met kenal mua..

  15. Alhamdulillah..artikelnya bagus sehingga dapat membantu saya cara memberikan jenis makanan yang tepat tuk merawat ibu yang gi sakit maag..
    Ya Alloh berikanlah kesembuhan pada ibu……aamiiin

    • #amiin…semoga artikelnya cukup membantu

  16. artikel menarik, trimakasih y mas..

  17. Thank’s ya, ini ngebantu banget!…..

  18. Kalo makan ayam boleh ga c, atau nasi minum susu, energen , burger. Lambung ku kronis , kt dokter cm boleh mkan bubur doank m buah pisang nd pepaya. Alhasil aku Jαϑĩ lemas. 3-|♧˚˚°Ĥυ̲̣̥uf†̥t˚˚°♧ saran donk .mksh

    • #memang tidak enak jika lagi sakit, sebaiknya turuti kata dokter. One cannot simply disobey doctor’s sugestion and get better.

  19. klo minum dlu sblm makan, gmn? bisa ngaruh gak d lambung?
    aq lgi diet gtu, trus dokter nyaranin minum 2 glas air dlu trus makan sayur 1 pring, setlh itu, mo makan nasi dll bisa dech.. gmna tuch saran yg d kasih dokter, baik ato gk ya? bbrpa hri ini sich mulai sakit maag nya.

    • #minum sebelum makan disunnahkan oleh Rasul. Karena membantu proses pencernaan. Yang tidak dianjurkan adalah langsung minum begitu selesai makan. Hal itu akan mengurangi tingkat pencernaan makanan oleh gerak peristaltik kerongkongan. Dan menurut saya, diet terbaik adalah dengan puasa. Silakan dicoba dengan puasa sunnah senin-kamis, atau jika kuat silakan dengan puasa sunnah nabi Daud. Tapi ingat, tujuannya adalah ibadah, bukan diet. Jika tujuan diet dapetnya lapar doang sama langsing. Tp jika niatnya ibadah dan menjalankan seikhlasnya, dapetnya insya Allah pahala, langsing, dan wajah bercahaya. Trust me, it works.

  20. jujur aku bingung bgt dgn berbagai mcam artikel2.ada yg blg sakit maag gak ble mkan tomat,kentang,bubur,brokoli,kol,teh.dll tapi ada yg blg baik dikonsumsi untuk org yg mnderita sakit maag.duh yang benar yang mana si ??

    • #akan lebih meyakinkan jika konsultasi ke dokter setelah diagnosis, karena faktor alergi juga berpengaruh

  21. gmn klo lg sakit maag makan buah kering spt kurma or kismis, boleh ga???

    • #setahu saya, kurma adalah buah yang menyehatkan. Tetapi klo kismis, saya kurang tahu…

  22. makan pisang kok maagnya jadi kerasa ya? bukannya pisang bersipat basa ya? mohon penjelasannya, terimakasih..

    • #usahakan jangan langsung makan buah sebelum diisi makanan yang lembut terlebih dahulu. Ini berlaku bagi yang maag kronis.
      Dokter saya dulu menyarankan, jika hendak makan yang berat, jangan langsung ditelen dan dalam jumlah banyak. Sebaiknya dikunyah halus/lembut dan jangan tergesa-gesa ditelan. Makan sedikit tapi frekuentif lebih disarankan bagi penderita maag.

  23. Tiba tiba meriang,neh mungkin gejala maag mau kambuh,gmn atasi maag jika sedang kambuh?

    • #klo saya mengalami gejala maag kambuh, yang saya lakukan:
      1. Minum air putih pelan-pelan (sedikit-sedikit)
      2. Minum sirup pelapis lambung
      3. 1/4 jam kemudian mengkonsumsi makanan halus, kecuali yang mengandung pengawet dan pengembang (hindari buah sementara waktu)
      4. Minum obat pereda maag (sebenarnya penetralisir asam lambung lebih cocok)
      5. Usahakan tidur yang lelap setelah step 1-4.
      Insya Allah bangun tidur lebih mendingan

  24. apa bener penyakit lambung itu bisa menyebab kan muntah darah…? untuk makanan-nya apa aja yang boleh (ibu ku kena diabetes dan jantung..)

  25. saya mau nanya dong
    saya kena penyakit magg

    udah 3x ini saya muntah darah sama makanan yang saya cerna ikut keluar semua menurut anda magg saya sudah terlalu parah apa blm ???

  26. Bagaimana tips penderita asam lambung menjalankan ibadah puasa? terutama saat berbuka (rawan makanan yang dilarang) dan sahur …

  27. Thx infonya..smg bermanfaat.

  28. bagaimana cara membuat jus kentang, apakah direbus/kukus dlu or nggak?
    dan bagaimana dgn air rebusan/kukusan tadi apakah bisa digunakan lagi pembuatan jus kentangnya?
    thanks….

    • #untuk jus kentang, bisa dibuat dengan merebus/mengukus kentang sampai matang (karena tujuannya hanya membuat kentang jadi matang), kemudian hancurkan kecil-kecil. Setelah itu bisa dilembutkan dengan blender dengan dicampur susu supaya rasa menjadi lebih manis dan enak dikonsumsi.

  29. klo baso bisa dkonsumsi pnderita asam lambung ga?

  30. mas saya menderita penyakit maag sudah hampir setahun tapi 6 bulan belakangan ini maag saya sudah parah jika kambuh sakit nya amat sakit sampe ke pinggang dan gak bisa bangun dari tempat tidur,bawaan nya pengen ke belakang terus pdhl gak bsa BAB sampai saya sudah pernah di rawat di rumah sakit pernah kambuh maag nya berbarengan dengan masuk angin dan saya juga pernah terkena penyakit typus
    yang saya ingin tanyakan:
    - Apakah maag saya di karena kan positif typus?
    - Apakah maag saya sudah kronis?
    - Apakah penyakit maag saya bisa di sembuhkan?
    - Buah apa saja yg bisa membantu meringan kan nyeri pada lambung?

    maaf ya mas kalo pertanyaan saya terlalu banyak
    mohon di bantu info nya
    Sebelumnya Terima kasih mas,,,,

    • #saya hanya sekedar memberikan bantuan dari sisi pengalaman ya…
      Dalam kasus saya, saya didiagnosa menderita typus dan harus opname disebabkan karena radang lambung akut. Memang dalam benak saya sepertinya berbeda kasus antara thypus dengan radang lambung. Thypus disebabkan karena bakteri, sedangkan radang lambung adalah luka yang disebabkan karena asam lambung yang melukai lambung (yang sebenarnya adalah dampak lanjutan dari maag).
      Jadi dalam logika saya, maag parah menyebabkan radang lambung, yaitu luka di lambung. AKibatnya, lambung menjadi mudah terserang bakteri thyposa tersebut. Dampak lanjutannya adalah kita terkena thypus.
      Maag Anda sepertinya sudah kronis, sebaiknya cek ke dokter untuk memeriksa apakah terdapat radang lambung.
      Rasa sakitnya sama seperti yang Anda bilang, tapi dengan pola makan teratur dan penanganan pengobatan yang teratur insya Allah bisa sembuh. Alhamdulillah maag saya sudah tidak pernah kambuh.
      Klo buah hampir semua bersifat basa yang secara kimiawi menetralisir asam di lambung. KEcuali 4 buah yang sudah saya ulas di artikel lain blog ini. Namun usahakan buah tersebut dikonsumsi dalam kondisi lembut.
      Semoga lekas sembuh ya…

  31. jika sakitnya terasa, boleh tidak langsung memakan buah pepayanya?

    mohon bantuannya,

  32. Maaf, saya mau tanya.. Saya sering bula goegle, kata nya jelly gamat gold/tripang emas laut bisa mengobati radang lambung?..
    Itu saja tolong di jawab;
    Makasih..

  33. mau tanya untuk memotivasi saya, udah kena maag berapa lama? dan udah sembuh berapa lama? karna saya juga tiga tahun terakhir selalu dirawat dirumah sakit karna maag dan typus. makasih

  34. maaf ,saya penderita asam lambung sudah hampir setaun 7 x masuk rmh sakit,klo lg kambunh,dada terasa panas terbakar,perut kembung,susah BAb,lambung sakit sekali,nafas sesak,dan dada kiri sakit seperti skit jantung!setelah berhenti kopi,pedas dan mknana/buah2an yang asam,,alhmdllah penyakitku tdk terlalu sering kambuh,dulu hampir seminggu sekali kambuh,,yang saya tanyakan apkah makan ikan laut seperti cumi,balakutak,kerang dan daging yang lemak..akan menimbulkan penyakitku kambuh lagi?

  35. Thank’s bgt info na.

    Artikel na bgus bgt,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: