Posted by: iyok736 | 17 February 2007

Jakarta Kebanjiran (lagunya Bang Ben)

Nulis ah..buat kenangan…

Minggu kmaren, Jakarta kebanjiran…parah!! Banjirnya lebih parah dari tahun 2002!! Yang tadinya rumah-rumah kawasan elit tidak terjamah, skarang bener-bener kerendem.
Apa sebabnya?? Silakan dipikirkan sendiri
Apa yang bisa kita lakukan?
Gampang kok, mulai dari sekarang, mulai dari diri sendiri, cobalah untuk tidak merusak alam kita nan indah ini. Buang sampah di t4 sampah kek, jangan membantai pohon seenaknya, trus jaga kejenuhan tanah (hwek…apa nih?)
Hari jumat 2 Feb, gw bersiap ke kantor, tapi kok ujan yah? Yawdah, gw tungguin deh bentar, lagian ujannya super deres!!
Pas ujan beranjak brenti, masih rintik-rintik, gw mantapkan hati buat brangkat ke stasiun. “Dah telat nih”, pikir gw.
Nyampe stasiun, kok sepi?? Pas gw turun dari ojek dah ada bapak-bapak nylemong, “Ngapain ke sini? Wong kretanya gak jalan, relnya kebanjiran!”
Innalilahi….
Gw bingung, mana jalan keputus pula, ya udah dengan sedih hati tapi sambil senyum-senyum gw balik lagi…
Ah…mampir ke kampus deh bentar, tengokin sekretariat PA gw. Eh, pada tepar penghuninya…
Selidik punya kodok, ternyata mereka tepar gara-gara banyu-bantu evakuasi korban banjir. Ternyata mreka bantunya sampe subuh!! Wah, gw salut ma mreka, sampe ada satu anak yang jatuh meringkuk sakit.
Berhubung tenaga evakuator berkurang karena kecapekan dan mreka kudu kuliah, apalagi permintaan evakuasi berdatangan, akhirnya gw daripada bengong di kos, mendingan bantuin evakuasi.
Yawdah, mondar-mandir ajah ma anak-anak…
Sabtu pagi, praktis waktu gw habisin dari pagi 8.30 sampe malem jam 22.00 buat bantuin…
Yang ngeselin…ada beberapa yang memang bertahan di rumah. Mentang-mentang 2 lantai yah rumahnya. Padahal perumahan mreka di samping sungai.
Mungkin sih mreka bisa bertahan sehari-dua hari asal masih ada air bersih, makanan, ma pakaian hangat. Nah, klo banjirnya kejadian lama gimana?
Pas gw ma temen-temen muter-muter ngejemput mreka pake prau karet, tadinya rebutan. Tapi diduluin anak-anak & bayi, orang tua, yang sakit, trus ibu-ibu, baru perawan-perawan (maksudnya gadis2) trus baru deh yang cowok-cowok. Rencananya sih gitu, tapi masya Allah…capek sangat Man ngedayungnya!!
Beruntung ada prau Depkes yang bocor bisa dibenerin ma temen-temen, ditambal sana sini denga harapan bisa bertahan. Baru deh bisa bantuin.
Alhamdulillah dapet tenaga tambahan pula dari rekan di Riang Jeram, tapi begitu ada tenaga tambahan dari militer, mreka nake ke darat, ganti lokasi.
Yang parah, korban yang sudah dijemput, begitu dapet lokasi penampungan, pada balik buat ngambil barang-barang. Aje gile, padahal aernya naek turun ketinggiannya!! Gw kaget pas liat ibu-anak cewek bawa ember trus maen masuk ke aer. Gw liatiin ajah, “Paling juga balik lagi,”pikir gw, tapi salah!! Mreka malah diem gak gerak di lokasi yang kata penduduk adalah jembatan sungai!! Anjrit, sontak tanpa pikir panjang gw langsung terjun ke aer, untung dah pake pelampung. Gw ajak balik tuh ibu-anak. Mreka ngeyel nggak mau!! Uh, gile loe, hampir maghrib pula, dingin cuy!!
Yawdah, berhubung perahu masih keliling, akhirnya gw tahan mreka sampe ada rakit ban yang nganggur. Baru deh gw anterin ke rumah mreka yang udah terbenam. Ternyata mo ngambil sertifikat tanah, duit, ma pakaian. Wih maa ditambahin ngebawa speaker pula. Buat apa sih??
Pas mreka masuk rumah, gw ma 2 orang lagi nungguin di luar. Aer ternyata naek tanpa gw sadari, weh…
Kaget lah…cepet-cepet kami bilangin ibu-anak itu supaya cepetan kluar…
Pas naek ke darat, gw rasain kaki kok pedis…(pedih bikin meringis). Ternyata luka kena paku ma kaktus. Uhh…dingiinnya gak ketulungan…
Sebenernya maghrib kami dah mo cao, cabut.
Tapi ada permintaan buat keliling kompleks dua kali lagi. Wah…gak enak ma tokoh masyarakat situ, akhirnya tim terakhir diturunkan, yang masih ada tenaga.
Gw akhirnya ngikut, soale klo diem ajah dingin boo!!
Malem jam 8, muter-muter dah di kompleks, gak ada yang mo dijemput. Malah minta dianterin makanan, wah kita mah ngambil orang bos, bukan nganterin makanan. Pas kita di jalan samping sungai, kami liat sungainya begitu mengerikan…ngeri klo ngebayangin tuh tanggul jebol…wiih…
Akhirnya setelah overlapping beberapa kali ada satu keluarga yang turun, ngikut ke penampungan. Ada adek bayinya boo! Ternyata rumah mereka terbenam, numpang di tetangga sebelah.
Nyampe di darat, perahu langsung di angkat ke darat. Ga boleh ada yang turun ke aer lagi tanpa koordinasi, takut keseret arus boss…
Malem akhirnya kami pamit pulang, harap-harap cemas smoga aer gak nambah tinggi.
Huaah…capeknya….
Mana badan udah panas dingin…
Besok paginya…gw gak bisa gerak…hiks…panas tinggi, pusink gila, badan pegel. Sendirian pula di kosan…aaarrrgghhh….
Baru deh kerasa derita seorang jojoba (jomblo-jomblo ‘yang katanya’ bahagia)
Bolos deh ngantor 2 hari…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: