Posted by: iyok736 | 11 June 2008

Seberapa Bangga Kita dengan Negara Kita??

Semalam, saya bagaikan tertampar!!
Menyaksikan pertandingan Piala Eropa antara Spanyol Vs Rusia. Baru pertandingan itu yang saya tonton soalnya terlalu malam. Sungguh pertandingan yang…WOW… Bagus banget, atraktif, impresif, pokoknya yang berakhiran -if dah…

Saya melihat, bagaimana pemuda-pemuda Spanyol begitu bermain menggila demi nama baik negara mereka. Yeap…demi negara mereka. Mereka juga bermain di klub-klub sepakbola yang berbeda. Dan dalam pertandingan di klub, penampilan mereka terkadang kurang konsisten dan tidak segila semalam. Sungguh pertandingan dua negara yang sangat menghibur dan atraktif.

Yang merupakan tamparan gabi saya adalah, betapa para pemuda itu berlari, menanduk, bertabrakan, berkeringat, tertawa, marah, dan bahkan menangis demi mempertahankan nama baik negara mereka. Mungkin itulah perjuangan yang bisa mereka lakukan demi mengharumkan nama bangsa mereka. Bermain sepakbola, karena mereka adalah pemain bola.

Sungguh terlihat betapa mereka menunjukkan totalitas tindakan, totalitas perjuangan. Terkadang tidak malu mereka untuk menangis karena menerima kekalahan yang menyakitkan, terkadang mereka menerima cacian karena kekalahan, terkadang mereka disanjung laksana dewa karena mempersembahkan trophy dan kemenangan, dan bahkan tidak jarang yang harus berakhir di meja operasi karena cidera parah atau patah tulang.

Saya sempat berpikir, “Inikah bentuk rasa bangga mereka terhadap bangsa mereka, pada negara mereka?”

Kemudian saya kembali berpikir, “Apabila semangat seperti ini diterapkan dalam semua tindakan, yaitu kebanggaan dan totalitas perjuangan, apakah bisa merubah sesuatu?”

Hati kecil saya langsung tegas menjawab, “YA!!! TENTU SAJA!!!”

Guys…

Saya mungkin hanya bisa mengajak kepada kalian. Saya mungkin kurang pandai dalam hal sugestif dan persuasif. Tapi saya masih mampu untuk berkata dan bertindak. Mungkin ini adalah salah satu tindakan kecil saya dalam upaya mengubah INDONESIA MENJADI LEBIH BAIK.

Mari kita habis-habisan dalam bertindak. Mari kita total dalam berkegiatan. Mari kita kerahkan 100% kemampuan kita untuk bekerja. Mari kita luapkan potensi diri kita dalam mencari ilmu. Mari kita semuanya totalitas dalam MEMPERJUANGKAN INDONESIA MENJADI LEBIH BAIK.

Mungkin dalam pandangan kita, mengkritik dan menghujat kebijakan orang lain adalah salah satu tindakan yang bisa kita lakukan. Karena kita terlalu salah dan menelan mentah-mentah hadits Rasulullah:

“Barang siapa yang melihat kemungkaran hendaknya dia mengingkarinya dengan tangan. Bila ia tidak mampu maka cegahlah dengan lisannya. Bila ia tidak mampu maka cegahlah dengan hatinya, yang demikian ini selemah-lemahnya iman.” (Muttafaqun ‘alaihi) -saya ambil dari akhwat

Okey, saya tidak akan mempermasalahkan hadits itu, karena sudah pasti shohih. Yang saya permasalahkan adalah; ketika kita mengambil tindakan kedua, apakah kita sudah total dan maksimal dalam memperjuangkan tindakan pertama??

Apakah kita yakin sudah benar-benar memaksimalkan usaha kita??

Karena dalam pandangan saya, bang Indonesia adalah bangsa yang teramat kreatif dan cerdas. Tetapi memang kadang kecerdasan kita membuat kita sombong dan lupa. Sehingga sering kita hanya “berbicara”, mengkritik tindakan orang, menghujat, menjelek-jelekkan, tetapi tidak pernah bertindak dan berupaya.

Maaf buat rekan-rekan yang sering berdemo menghujat pemerintah, saya tanya…

“Apakah Anda sudah memaksimalkan usaha Anda?? Apa yang sudah Anda lakukan untuk bangsa ini?? Apa tindakan terkecil yang sudah Anda lakukan demi perubahan INDONESIA MENJADI LEBIH BAIK??”

Kalau Anda bisa jujur, ikhlas, sadar, dan berbesar hati menjawab pertanyaan di atas. Maka berarti sayalah yang salah. Dan itu mutlak kesalahan saya sebagai manusia yang dikaruniai akal untuk berpikir (alhamdulillah…)

Saya sewaktu kecil sering memimpikan. Betapa bangsa kita begitu dihormati oleh bangsa lain. Dengan perjuangannya doeloe memperjuangkan kemerdekaan yang dahsyat. Dengan keramahannya kepada sesama. Dengan semangat saling membantunya (gotong royong). Dan dengan alamnya yang begitu indah dan luas (Allahuakbar!!!)

Betapa saya iri dengan pemikiran saya sewaktu kecil…

Sadarkah kita dengan ini…

“Wahai sekalian orang yang beriman dengan lisannya yang belum sampai ke dalam hatinya, janganlah kalian mengganggu kaum muslimin, janganlah kalian menjelek-jelekkannya, janganlah kalian mencari-cari aibnya. Barang siapa yang mencari-cari aib saudaranya sesama muslim niscaya Allah akan mencari aibnya. Barang siapa yang Allah mencari aibnya niscaya Allah akan menyingkapnya walaupun di dalam rumahnya.” (H.R. At Tirmidzi dan lainnya)


Leave a Reply

Categories

