Posted by: iyok736 | 16 June 2008

Petualangan Celana Dalam

Eits…jangan terpengaruh ma judulnya duluw. Klo mo beli buku, liat pula sinopsis yang biasanya ditaruh sampul belakang. Nah, supaya mantep, saia mencoba meresensi juga, ahahahaha…. Lagi sok nyastra neh. Ehem…ehem…

Kumpulan cerpen ini adalah kumpulan dari cerpen-cerpen tentang kehidupan, cinta, kritik sosial, dan perjuangan hidup umat manusia yang katanya hidup di dunia ini. Jangan khawatir dengan gaya bahasanya, karena karya Nugroho Suksmanto ini dikemas dengan gaya bercerita lugas, mudah dicerna. Yah, lain seh dengan gaya bahasa “Hikayat 1001 Malam” yang njlimet itu.

Pengalaman hidup Penulis menjadi bahan utama kumpulan cerpen ini. Cerpen ‘Lolong Panjang’ menceritakan seorang anak yang berhasil selamat dari kepungan massa yang membakar rumah dan keluarganya karena mereka anggota penggerak massa yang kala itu dikatakan berhaluan komunis, yaitu Gerwani. Masih berhubungan dengan PKI, penulis mengisahkan betapa seorang tahanan politik sebenarnya tidak memiliki kebebasan yang sesungguhnya ketika mereka dibebaskan dari penjara dalam cerpen ‘Anakku adalah Anakku’. Benar-benar kisah yang membuat air mata menetes tidak keruan. Karena pembaca benar-benar dibawa untuk membayangkan langsung kisah tersebut. Itu kalau kita bisa membaca dengan “hati”.

Cerpen ‘Jagal Terjagal’ bercerita tentang kesetiakawanan seorang preman yang rela mengorbankan nyawa demi membalas budi kepada seseorang. Yeap, hanya demi membalas budi. Memang sih kisah ini sering kita lihat di film-film. Namun coba seandainya kita melihat karya itu dari sudut pandang kita pribadi. Bagaimana seandainya jika kita menjadi tokoh pertama kisah tersebut. Saya yakin akan terjadi perubahan dalam peradaban.

Kisah seorang massage girl yang menjadi istri kedua pengusaha terhormat diceritakan dalam cerpen ‘Poppy Sang Primadona’. Saya teringat kisah dalam buku “Sang Pemimpi” karya Andrea Hirata yang dengan gaya satir menceritakan tokoh bintang film berbaju minim berwarna merah yang beberapa tahun kemudian menjadi salah satu aktivis pembela Hak Asasi Perempuan. (tobat kali ya?) Lalu dalam cerpen ‘Putus Cinta di Belgia’, penulis berkisah tentang seorang mantan putri kampus yang menggunakan kecantikannya untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Sementara, cerpen ‘Petualangan Celana Dalam’ sendiri berkisah tentang celana dalam laki-laki yang memiliki sebuah keinginan. Jangan buru-buru menebak bahwa yang tertulis dalam cerpen ini adalah porno. Si Celana Dalam Laki-laki itu hanya berkisah tentang obsesinya dipakai oleh seorang perempuan. Apakah obsesi tersebut kesampaian?? Wah…Anda harus baca dulu bukunya baru dah tau nanti akhirnya, ahahahaha….

Yang pada inti sekali, kumpulan cerpen ini bergaya satir. Yang dengan terang-terangan membawa kita membayangkan seandainya kita menjadi pemeran utama dalam tokoh itu. Semua jenis kebejatan, kenistaan, kemuliaan, dan pengorbanan tercantum dalam karya itu.

Yeap, kisah celana dalam. Kisah penceritaan berbagai celana dalam yang dikenakan oleh berbagai jenis manusia, beragam sifat. Celana dalam yang bahkan tidak akan bersuara dan bernyanyi demi menjaga aib majikannya. Meskipun majikannya adalah orang yang bejat, massage girl seksi yang memiliki sisi lain, orang kaya yang serakah, preman, tahanan politik, dan orang-orang mulia. Namun, di dalam buku ini, si celana dalam diberikan kebebasan untuk bercerita, berkisah, demi terjadinya suatu perubahan. Bukan karena suap, bukan karena imbalan. Sang celana dalam bercerita dengan ikhlas, namun dengan tetap menjaga satu hal paling rahasia dalam tugasnya. Menjaga kerahasiaan barang yang selama ini ditutupinya.

Resensi lain kli di sini


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: