Posted by: iyok736 | 14 July 2008

Penat saat Kerja

Kebanyakan dari kita bekerja dalam waktu lama di depan komputer. Telah dinyatakan oleh masyarakat sekarang perlunya membuat jadwal bagi kegiatan fisik kita. Jika tidak, maka kita akan masuk dalam kategori “sedentary” (duduk lama).

Sebelum kemajuan teknologi masa kini, tidaklah sulit untuk menjadi aktif, karena kehidupan saat itu memang menuntut demikian. Akan tetapi pada era modern ini, kita seringkali mendapati diri kita hampir tidak pernah beranjak dari kursi. Meskipun kita melakukannya dengan rutin dan menghabiskan satu jam untuk latihan setiap hari, duduk pada sisa hari itu tidak akan dapat membantunya.

Dengan duduk berjam-jam lamanya, akan membuat punggung bagian bawah kita menjadi sangat tegang, melemahkan persendian, membuat penat dada, bahu, dan bagian depan pinggul, kepala akan terdorong ke depan dan akan menurunkan posisi bahu kita!

Bila kita berdiri dengan tidak benar, struktur otot kita menjadi tidak seimbang, membuat semakin susah untuk melakukan tugas sehari-hari, hal ini akan berakibat pada rasa sakit yang menyeluruh. Hampir 80% dari semua orang dewasa menyatakan sakit punggung bagian bawah, dan 80.000 sampai 100.000 kasus luka lutut telah dilaporkan setiap tahun di Amerika. Tujuh puluh persen dari luka lutut tersebut adalah luka yang bukan karena benturan, terjadinya adalah saat melakukan kegiatan sehari-hari (seperti sedang naik tangga atau saat sedang berjalan di lantai yang licin).

Di jaman Tiongkok kuno, orang dituntut untuk memperhatikan sikap tubuh dan mengatur pernafasan serta mematut kondisi mental sebelum mereka mulai bekerja, baik dalam seni, sastra, pengobatan, bahkan dalam pekerjaan rumah tangga. Walaupun masyarakat yang terbentuk sekarang berbeda, kita dapat mulai mengatasi hal-hal yang berdampak mengganggu bagi tubuh seperti duduk terlalu lama atau membungkuk dengan beristirahat sebentar (meskipun selama 30 detik) sudah mencukupi.

Berikut daftar latihan yang bisa dilakukan selama 30 detik beristirahat:

  1. Berdirilah, sejajarkan telinga anda di atas bahu, bahu di atas pinggul, pinggul di atas pergelangan kaki. Gunakan 20% kekuatan anda untuk menarik pusar anda ke tulang belakang.
  2. Tarik dan hembuskan nafas dengan perlahan.
  3. Tarik otot bagian depan paha anda dengan menarik ujung tumit kaki ke belakang dan tahan untuk beberapa tarikan nafas.
  4. Lekukkan pinggang anda ke kiri dan kanan.
  5. Tangkupkan kedua tangan di belakang punggung dan tariklah ke belakang untuk menarik dada anda, kemudian bungkuklah dengan merentang tangan ke atas untuk menarik bagian punggung.

Thanx to Tysan Lerner for the source


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: