Posted by: iyok736 | 11 May 2010

Menghemat Baterai Kamera Digital (tips)

Memotret merupakan satu pekerjaan yang menyenangkan. Kita bisa mengabadikan banyak moment-moment penting dalam hidup kita, memotret tempat-tempat menyenangkan dan unik, dan masih banyak lagi yang bisa kita lakukan dengan kamera. Tetapi tanpa baterai yang baik, semua kejadian di atas tidak akan dapat dilakukan dengan baik. Kali ini saya akan coba memberikan tips-tips untuk menghemat baterai saat digunakan, yang dirangkum dari banyak website.

Auto Power Saving
Saat ini, rata-rata kamera yang dijual di pasaran telah dilengkapi dengan fitur ini, yang berfungsi untuk mematikan kamera secara otomatis saat tidak digunakan. Aktifkan fitur ini

Baterai Orisinil
Selalu gunakan baterai orisinil. Ini bisa mempengaruhi kinerja kamera anda. Baterai orisinil mempunyai voltase dan ampere yang berbeda dengan baterai yang tidak orisinil.

Flash/Blitz
Sebisa mungkin kurangi penggunaannya, atau atur penggunaanya pada modus otomatis. Penggunaan Flash merupakan salah satu faktor utama baterai cepat habis.

Resolusi
Sebelum anda memotret, sebaiknya pikirkan dulu obyek apa yang akan anda potret, sesuaikan antara resolusi dengan obyek yang akan difoto

LCD Screen
sama seperti penggunaan flash, sebaiknya fungsi ini dihindari penggunaannya. Sebaiknya gunakan fungsi “view finder“/ istilah lain “lubang potret“. Tetapi ada beberapa kamera digital terutama yang jenis “pocket“/kamera saku tidak dilengkapi dengan fungsi ini. Jadi sebisa mungkin gunakan kamera dengan bijak..

Matikan fitur-fitur yang tidak perlu seperti “Auto Chase Focus” atau “Motion Detector“

Simpan Baterai
Lepaskan baterai dari kamera pada saat tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Penggunaan Zoom
Fungsi ini juga sebaiknya dikurangi. Sebab saat kita melakukan zoom, otomatis motor penggerakn lensa akan berjalan. Ini dapat mempengaruhi penggunaan daya pada kamera.

Suhu Dingin
Baterai akan cepat habis apabila dalam kondisi suhu yang sangat dingin.

Menghapus Foto
Hindari menggunakan fitur eksplorasi foto melalui kamera. Untuk melakukan penghapusan/pengeditan sebaiknya gunakan PC/Laptop.

Gunakan Charger saat memindahkan foto ke dalam PC
Saat proses pemindahan foto dari kamera ke komputer ini memakan banyak daya dari baterai

Kurangi menekan tombol setengah pada kamera. Untuk melakukan fokus, biasanya kamera digital menggunakan fitur “auto focus” dengan cara menekan setengah tombol potret.

Preview Foto
Biasanya sesaat setelah pemotretan, maka di layar akan muncul hasil pemotretan untuk beberapa detik. fungsi ini sebaiknya dimatikan/durasi penampilannya dikurangi.

Jangan terlalu sering menyala/mematikan kamera.


Responses

  1. trims, skrg sering orang mengutamakan kenikmatan dari pada kesehatan, masalahnya di mana ? apakah struktur saraf kita yg lebih banyak persamaanya dengan saraf binatang ? atau ini memang naluri yg lumrah saja, kedepan mungkin akan ada teknologi persyarapan yg dapat memperlemah keinginan/naluri yg yg negatif……..moga2 ajjjah.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: