Posted by: iyok736 | 29 July 2011

Masa Taman Kanak-kanak

Selintas pintas ingatan kembali ke masa lalu. Masa kecil yang penuh tawa. Masa taman kanak-kanak, yang sekarang lebih sering dikenal sebagai playgroup. Satu hal yang membuat saya mengingat kenangan ini adalah acara festival. Apa hubungannya??

Saat pertengahan masa “bermain” di taman kanak-kanak, kami satu sekolah diajak ke gedung Sukowati di daerah Sukoharjo. Saat itu gedung Sukowati masih megah dan terawat. Kami berangkat pagi-pagi sekali dengan mengenakan seragam kebanggaan kami. Baju putih dan celana pendek warna biru dengan topi kecil berwarna biru dan dasi mungil warna biru. So blue, no wonder why I love that color…

Perjalanan cukup singkat karena di sepanjang jalan kami bernyanyi dan diperkenalkan dengan lingkungan oleh ibu guru-guru kami. Sungguh ceria… Di lokasi ternyata sudah penuh dengan anak-anak sebaya kami dari TK lain. Sangat menyenangkan… Ternyata di gedung tersebut diadakan festival untuk anak-anak TK di sekitar Sukoharjo. Festival yang dikhususkan untuk anak-anak TK!! Waow… mungkin sekarang kita mengenal Kids Zone, dimana anak-anak bebas memerankan apapun keinginan mereka dalam dunia anak-anak. Bahkan dengan mata uang mereka sendiri. Ternyata hal ini sudah kami lakukan lamaaa…sekali. 22 tahun yang lalu ketika saya berumur 5 tahun!!

Mulanya kami mengantri untuk masuk ke dalam gedung. Karena guru pendamping diminimalkan perannya. Kami mengantri untuk mendapatkan topi khusus peserta dari kertas dan mendapatkan sejumlah uang kertas khusus festival. Kami dibebaskan untuk membelanjakan uang tersebut sesuai keinginan kita. Pada mulanya kami tidak paham, namun setelah kami masuk ke gedung barulah kami paham. Mungkin saat itu kami diajari banyak hal yang belum kami sadari, seperti pelajaran tentang mata uang dan nominalnya, shopping wisdom, dan manajemen nafsu (hahaha).

Di dalam gedung sudah ada deretan kios-kios mini yang menjual aneka ragam pangan dan mainan. Namun para penjualnya adalah orang-orang dewasa. Pada saat itu saya hanya berbelanja beberapa item, seperti:

Nasi liwet, karena begitu semangatnya jadi lupa sarapan sebelum berangkat.

Kemudian untuk mempermanis topi yang saya kenakan, saya akhirnya membeli topeng,

Dan sebuah pistol air untuk memberi kesan “gahar”, jangan lupa karena saat itu film “Bonanza” sangat populer.

Sungguh keren rasanya saat itu, hehehe norak ya… biarin, namanya juga masih 5 taun…

Belum puas berkeliling, perut sudah lapar, lagi haus. Mata pun mencari-cari makanan yang bisa menebus lapar sekaligus haus. Dan tertumbuklah pandangan ke arah penjual “Gempol Plered”. Tau apakah itu?? Seperti ini:

Mirip cendol tapi beda. Yang bulat putih itu dibuat dari tepung beras, dan yang coklat itu dibuat dari ketan, gula, dan kelapa, dicampur dengan kuah santan kelapa. Rasanyaaa….eeeemmmmmhhh… nikmat… coba deh

Haus dan lapar terobati, saatnya bermain dan berbelanja lagi. Beberapa mainan pun terbeli sudah, mahkota dari kertas, mobil-mobilan kayu, serta pecut (cambuk) kecil.

Eh iya…lupa waktu itu beli boneka atau tidak. Hihihihi…ngeles dikit…

Tak terasa waktu sudah hampir beduk (dhuhur-red). Jangan salah, kami sudah diajari tentang cara membaca jam. Dan itulah waktunya kami pulang. Ketika meraba kantong, masih tersisa beberapa lembar mata uang mainan. Saya pun menghamburkannya untuk membeli dawet (cendol), serabi (bukan surabi), dan es krim tentunya sebagai pencuci mulut (jaaah). Masih kecil tapi tau rasanya foya-foya dengan duit sendiri, hahahaha… Sebenarnya karena nantinya juga ga kepake sih, jadinya dihambur-hamburin saja. Itupun makan bareng temen-temen, karena emang masih banyak duitnya. Critanya nraktir kali ya…tapi ga kepikiran apa itu nraktir, cuman seneng aja bisa makan bareng-bareng.

Puas…kenyang…dan forgetless… Sungguh salah satu masa TK yang menyenangkan. Bagaimana dengan Anda??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: