Posted by: iyok736 | 2 February 2012

Beberapa makanan yang menjadi trigger maag

Berhubung semakin banyaknya pertanyaan seputar penyakit maag dalam blog ini, maka sebaiknya kita ulas bersama tentang penyakit yang menyebalkan ini lebih dalam (ooow…lebih dalaam…).

Seperti yang saya sampaikan dalam artikel sebelumnya, gangguan pada lambung sering disebabkan oleh tingginya kadar asam di lambung. Selain karena terlambat makan ataupun stres, jenis makanan juga turut memengaruhi naiknya kadar asam lambung. Masalahnya, menurut Jamie Koufman, MD, dan Jordan Stern, MD, penulis buku In Dropping Acid: The Reflux Diet Cookbook & Cure, jenis makanan yang berpotensi meningkatkan asam lambung justru banyak terdapat dalam menu harian kita. Inilah tujuh jenis makanan yang disarankan kedua ahli Otolaryngology dari New York untuk dikurangi konsumsinya:
1. Cokelat

Kandungan kakao, kafein, dan stimulan lain, sepertitheobromine, dapat menyebabkan kadar asam di lambung meningkat. Selain itu, cokelat juga banyak mengandung lemak, sementara lemak juga dapat berpengaruh pada asam lambung. (Yang demen cokelat, yang sabar yaaa…)

 

2. Minuman bersoda

Minuman yang mengandung soda atau berkarbonasi adalah salah satu penyebab utama gangguan pada lambung. Pasalnya, minuman jenis ini sifatnya sangat asam, ditambah lagi dengan efek karbonasi yang bisa membuat perut jadi kembung sehingga dapat membuat kondisi jadi makin tidak nyaman. Satu tambahan lagi, sangat saya anjurkan untuk menghindari coca-cola atau coke atau diet coke (maaf sebut merek). Minuman jenis ini sangat reaktif ke asam lambung.

3. Makanan yang digoreng

Suka makan gorengan? Sebaiknya Anda tahu bahwa makanan ini juga bisa berpengaruh pada asam lambung karena kandungan lemaknya yang tinggi. Selain itu, hobi makan gorengan juga kerap menimbulkan gangguan heartburn, yaitu rasa nyeri terdapat di ulu hati. Tapi jika Anda hobi makan gorengan, sebaiknya tidak langsung meninggalkannya jika hal itu sangat menyiksa Anda. Pelan-pelan saja, karena hobi sangat berpengaruh terhadap mood dan ruhaniyah kita. Harus tetap dijaga.
4. Minuman beralkohol

Konsumsi bir, minuman keras, dan wine dapat berpengaruh terhadap naiknya asam lambung. Ada beberapa jenis minuman alkohol yang sifatnya memang tidak terlalu asam, tetapi para ahli menyatakan bahwa alkohol dapat melemaskan saluran di bagian bawah esofagus (yang berhubungan dengan area perut), dan ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Dan yang pasti, haram Bro!!

 

5. Produk olahan susu yang tinggi lemak

Makanan tinggi lemak dapat meningkatkan kadar asam lambung. Sementara, produk olahan susu sendiri sebenarnya sudah bersifat asam. Jadi, ada baiknya Anda mulai berhenti mengonsumsi mentega atau susu yang tinggi lemak apabila sering mengalami gangguan lambung. Atau setidaknya, beralihlah ke yang tanpa lemak. Juga jangan lupa susu yang diawetkan/diasamkan (yogurt dan sejenisnya), karena lambung akan langsung bereaksi terhadap yogurt. Trust me, I have been through it.

 

6. Daging yang berlemak

Selain kandungan lemaknya yang tinggi, daging sapi, kambing, ataupun domba dapat bertahan lama di dalam perut serta meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung. Oleh karenanya, lebih baik Anda kurangi konsumsinya hingga hanya seminggu sekali. Beralihlah juga ke pilihan daging yang tanpa lemak. Satu hal, entah mengapa setelah makan Pizza, perut saya langsung terasa tidak enak. Meskipun sebelumnya sudah didahului dengan makanan lain. Kemungkinan karena kadar lemaknyakah? Ada yang bisa kasih masukan tentang makan Pizza bagi penderita maag??

7. Kafein

Kebiasaan minum kopi yang berlebihan setiap harinya dapat berkontribusi terhadap gangguan lambung. Untuk itu, ada baiknya Anda mengurangi konsumsi kopi, atau beralih ke teh. Namun harap diingat, minum teh terlalu banyak sebelum perut diisi juga tidak baik bagi lambung, karena akan terasa mual dan pengin muntah. Terlebih, tidak cocok juga dengan warna putih pada email gigi kita (kata dokter gigi saya).

Sementara itu dulu, lain waktu disambung lagi. Ciao

Sumber: kompas health


Responses

  1. temen ku lagy sakit maag,
    aku bingung gimana mw bantuin dy ..

  2. Wah banyak juga nih makanan penyebab maaag, pantas saja maag sering kambunh😀 makasih infonya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: